Filled Under: , , , , , , , , , , , ,

Usaha Servis Komputer Beserta Business Plan

Share

Usaha Servis Komputer Beserta Business Plan di Bidang IT
Sekarang ini, siapa yang tidak tahu komputer dan laptop ? bahkan anak kecil pun tahu barang yang satu ini. Komputer dan laptop seperti sudah menjadi kebutuhan sehari-hari, dari fungsi awal sebagai membantu pekerjaan manusia sampai sebagai pelepas lelah dengan mendengarkan musik, menonton film, bermain game dan lain sebagainya. Tetapi kebanyakan orang cuma tahu pakai tanpa tahu memperbaiki jika rusak, istilahnya rusak beli baru. Oleh karena itu kami DCS membuka jasa servis komputer hanya untuk anda yang mempunyai kerusakan pada komputer. Jika ingin membuka sebuah usaha tentunya juga harus mempunyai dasar tentang usaha itu sendiri dan diperlukan adanya sebuah business plan. Tapi sebelum itu apa sih business plan itu ? business plan sudah banyak dikemukakan oleh para ahli, tapi disini saya akan meringkas sesuai apa yang sudah saya dapat. Business plan merupakan semua dokumen atau aspek maupun unsur-unsur yang telah disiapkan pengusaha dalam menjalankan usahanya, isinya menyangkut pemasaran, pemodalan, sumber daya, dll.


Untuk lebih jelasnya berikut business plan sederhana dari usaha servis komputer :

Business Plan Sederhana Servis Komputer

A.  Nama Usaha
Nama usaha yang akan kami dirikan yaitu “Damai Computer Solution (DCS) ”.

B.  Usaha/Jasa Yang Ditawarkan
Usaha ini bergerak di bidang jasa yaitu perbaikan dan penginstallan komputer dan laptop. Konsep bisnis ini melakukan perbaikan kepada komputer dan laptop mulai dari kerusakan ringan (masuk virus, dll) hingga menengah (install ulang, dll).

C.  Pangsa Pasar
Pangsa pasar yang kami tujukan yaitu masyarakat sekitar. Tempat yang akan direncanakan untuk usaha ini yaitu di kampus dan sekitarnya.

D.  Lokasi Usaha
Tempat yang akan direncanakan untuk usaha ini yaitu di kampus  dan sekitarnya. Pertimbangan kami memilih lokasi tersebut yaitu :
- Lokasi ini strategis, karena mahasiswa sekarang kebanyakan sudah mempunyai laptop dan sangat membutuhkan latop, selain itu merupakan pusat kegiatan mahasiswa.
- Lokasi dekat dengan perumahan penduduk dan tempat kost para mahasiswa.
- Lokasi dekat dengan kota (daerah pasar).

E.   Cara Perbaikan
- Untuk kerusakan ringan seperti kemasukan virus, kami melakukan perbaikan dengan melakukan scanning virus. Anti-virus yang kami gunakan yaitu : Bitdefender free dan Pandafree Anti-Virus.
- Untuk kerusakan menengah seperti install ulang, operating system yang akan kami gunakan menyesuaikan dari spesifikasi komputer pelanggan maupun kemauan dari pelanggan. Disini kami menyediakan OS : Windows XP, Windows 7, Windows 8.1, Windows 10, Linux, dll.

F.   Strategi Pemasaran
Berikut ini adalah strategi pemasaran yang kami lakukan :

1. Kebijakan Usaha
Usaha ini bergerak di bidang jasa yaitu service komputer. Bisnis ini menawarkan jasa perbaikan komputer dengan selera yang disesuaikan kemauan dari pelanggan.

2. Kebijakan Harga

Harga masih merupakan faktor yang perlu mendapat perhatian khusus agar pangsa pasar yang dituju dapat dicapai karena sesuai dengan tingkat pendapatan  mereka. Oleh karena itu kami menawarkan harga yang cukup terjangkau oleh masyarakat khususnya mahasiswa dengan  harga mulai  Rp 25.000- untuk servis ringan dan Rp 50.000 untuk servis menengah. Tetapi harga tersebut dapat berubah mengikuti service yang dibutuhkan oleh pelanggan.

3. Kebijakan Promosi

Untuk meningkatkan pangsa pasar maka perlu dilakukan Promosi, bentuk promosi yang akan kami lakukan antara lain memasarkan produk langsung ke calon pembeli dan melakukan promosi di social media.

G. Biaya

Jenis Biaya
Biaya
Biaya pembuatan Banner
Rp 150.000-
Biaya servis ringan
Rp 25.000-
Biaya servis menengah
Rp 50.000-
Total Biaya
Rp 225.000-

H. Struktur Organisasi

Manajer
Bagian Servis
Bagian Keuangan
Bagian Pemasaran

Nah demikian  business plan itu apa, usaha kami sudah mempunyai dasar yaitu apa-apa saja yang dibutuhkan berserta rencananya kedepan, mungkin itu saja ilmu yang dapat saya bagikan kali ini mohon maaf jika ada salah kata sekian dan terima kasih.


Semoga bermanfaat ^_^













"Warning : Maaf situs ini dalam tahap perbaikan. Silahkan tinggalkan pesan, kritik, saran dan komentar dari anda yang sangat kami harapkan..